Prosedur Menggunakan Undername dan QQ Import Tidak Terlalu Sulit

PROSEDUR MENGGUNAKAN UNDERNAME DAN QQ IMPORT DAN TIDAK TERLALU SULIT

Untuk impor barang dengan cara undername import QQ , anda bisa mencari perusahaan undername ekpsor dan impor yang di percaya di jakarta atau dimanapun domisili mereka di indonesia . Tidak semua undername ekpsor dan impor memahami cara impor q.q seperti ini. carilah undername impor yang benar benar memahami tata cara impor dengan sistem q.q karena pembuatan untuk pib-nya dan dokumentasi impor yang di buat harus teliti 
Kalau anda impor barang secara besar besaran dengan memakai jasa undername ekspor atau impor,lebih baik telitilah dokumen den kelengkapan legalitas yang mereka punyai Setelah dapat perusahaan undername dan menanda tangani kontrak atau harga yang sudah di setujui 

1.
 maka kontak supplier anda di luar negeri , ambil contoh dari china
2. Siapkan forwarder yang anda tunjuk atau bisa juga dari supplier anda di luar negeri
3. Siapkan shipping instruction kepada supplier agar barang berangkat
4. Mintalah schedule kapal berikut ETD dan ETAnya dari supplier atau forwarder yang di tunjuk baikoleh   supplier maupun oleh anda sendiri
5. Sebelum kapal berangkat minta kepada supplier draft Packing list , invoice dan bill of lading
Mulai Kapal berangkat membawa barang barang impor anda , biasanya akan di beritahukan oleh supplier anda, Beritahulah pihak undername bahwa kapal sudah berangkat dari negara asal dan berikan data seperti draft BL,Packing List ,Invoice dan FORM E baik melalui email atau fax Proses yang harus anda lakukan berikutnya adalah sama sama periksa dokumen dengan pihak undername baik itu BL,Packing list dan invoice.

Dokumen tersebut jika sudah cocok dan sesuai mintalah supplier issued dokumen dan kirimkan ke alamat-perusahaan anda atau kepada pihak undername yang anda tunjuk
Proses Berikutnya setelah dokumen original di terima oleh anda atau perusahaan undername Periksa kembali dokumen impor yang ada seperti BL, Packing List , Invoiceserta dokumen pendukung lainya yang di butuhkan .Buatlah perjanjian indentor dengan pihak undername dan tanda tanganilah dengan kedua belah pihak dan -fungsinya berguna untuk proses customs di bea cukai seluruh indonesia Periksalah kedatangan kapal kepada pelayaran atau forwarder yang anda tunjuk dan minta kepastian kapal tiba di destination atau-pelabuhan tujuan di indonesia dan tanyakan draft manifest biasanya akan dibuat oleh pelayaran 3-4 hari -sebelum kapal tiba atau bisa lebih cepat sesuai kebijakan dari pelayaran atau pihak bea cukai 


Apa yang harus dilakukan setelah dapat pemberitahuan atau estimasi kapal tiba dari forwarder atau pelayaran ?
Beritahulah pihak undername impor anda sebaiknya 2-3 hari sebelum kapal sandar di pelabuhan kontak  
Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan yang anda percaya atau yang sudah menjadi langganan dari pihak undername impor
A. Buatlah draft PIB ( Pemberitahuan Impor Barang)
B. Periksalah seluruh item yang ada dalam kolom PIB
C. Mintalah draft tersebut di print out oleh pihak PPJK dan E-BILLING pajak impor untuk setoran atau pembayaran pajak. Untuk pembayaran pajak impor di saat sekarang bisa anda transfer melalui e-banking, Atm bank devisa yang di tunjuk oleh negara . jadi tidak perlu lagi repot harus antri di bank devisa untuk pembayaran pajak impor undername yang anda pakai

Untuk pembayaran pajak impor ada dua alternatif :
1.Bisa melalui pihak undername 
2.Bisa dilakukan sendiri atau pergilah ke bank bersama sama untuk membayar pajak. dalam hal ini jika anda baru mengenal pihak undername lebih baik bersama sama untuk menghilangkan keraguan dan was was karena baru kenal dan dalam hal ini saya sarankan opsi ke 2 

Respond apakah yang akan di dapat melalui system EDI tersebut ? Untuk respond dokumen impor anda yang akan di dapat dari PPJK melalui bea cukai tergantung kriteria masing masing perusahaan undername 
A. Bisa dapat respond PJM ( Pemeriksaan Jalaur Merah )
B. Respond SPJK ( Surat Pemberitahuan Jalur Kuning) 
Kalau respon jalur merah (PJM) yang harus di lakukan.
Dokumen akan di masukkan oleh staff lapangan ke loket jalur merah dan mereka akan dapat tanda terima berkas.PIB ( di Print out oleh petugas bea cukai)Mendapatkan lembar untuk pemeriksaan barang Container akan di bawa kelapangan pemeriksaan untuk di bongkar sesuai instruksi petugas bea dan cukai dan hasilnya akan di tuangkan ke dalam berita acara pemeriksaan milik petugas.Pemeriksaan dilakukan dan pihak bea cukai akan meminta petugas lapangan dari pihak undername atau wakilnya untuk meberi keterangan mengenai barang dan mencocokkan semua data yang ada di dokumen dan pisik barang.
Proses waktu pemeriksaan jalur merah tidak akan lama atau tergantung jumlah barang , biasanya kalau tidak banyak akan selesai dalam 1- 2 jam,kalau item barang banyak petugas bea cukai akan memeriksa lebih teliti apapun itu jika barang sesuai dengan data di packing list dan invoice dalam 1-4 jam akan selesai.Selesai pemeriksaan kedua belah pihak , baik petugas dan staf lapangan dari pihak staff customs yang di tunjuk akan menanda tangani berita acara pemeriksaan barang .Dokumen tersebut yaiutu berita acara pemeriksaan akan di input oleh petugas bea cukai sendiri
Staff customs dari pihak importir undername akan memasukkan dokumen ke loket penerimaan dokumen jalur merah dan selesai sudah pemeriksaan barang jalur merah

Apa yang harus dilakukan setelah proses pemeriksaan jalur merah tersebut ? 

Kontaklah PPJK dan mintalah respond hasil pemeriksaan. apakah sudah ada SPPB atau ada permintaan INP.
Bagaimana kalau ada respond permintaan DNP atau INP ?Siapkan dokumen P.O , DNP ( Deklarasi Nilai Pabean ),Brosur serta katalog beserta surat keterangan fungsi barang untk mempercepat proses mendapatkan SPPB atau ketentuan lain dari pihak beacukai 
Jika tidak ada permasalahan di dokumen impor anda serta nilai invoice maka dalam waktu cepat respond SPPB akan di dapatkan dari pihak bea cukai,Bersamaan dengan hal proses dokumen INP akan lebih baik tebus D.O terlebih dahulu agar barang bisa cepat keluar tanpa ada kendala waktu atau pemborosan waktu karena hal tersebut akan membuat anda hemat uang untuk pembayaran sewa gudang di pelabuhan
Siapkanlah staf anda atau forklift untuk membongkar barang jika sudah tiba Setelah kontainer di bongkar pihak trucking akan mengembalikan container kosong tersebut ke depo container yang di tunjuk oleh pelayaran Container kosong yang tiba di depo akan di minta bayar lift on/of sesuai ketentuan dari depo Pekerjaan customs clearance sementara selesai 

Kenapa Sementara selesai ?
Pihak undername akan survey container dan mendapatkan SP2 untuk menarik uang jaminan kontainer di pelayaran atau forwarder yang telah di tunjukSetelah mendapatkan uang jaminan tugas dan tanggung jawab anda dan pihak undername selesai 100 % Selesai 

Kalau dapat respond SPJK ( Surat Pemberitahuan Jalur Kuning ) apa yang harus di lakukan ?

Dokumen akan di masukkan oleh staff lapangan ke loket jalur kuning dan mereka akan dapat tanda terima berkas PIB ( di Print out oleh petugas bea cukai) Selesai itu menunggu konfirmasi atau respond selanjutnya dari pihak bea cukai Respond tersebut bisa terdiri dari 2 ada yang langsung SPPB atau di minta INP/DNP oleh pihak bea cukai Jika respond SPPB barang bisa langsung di keluarkan 
Bagaimana kalau ada respond permintaan DNP atau INP ?
Siapkan dokumen P.O , DNP ( Deklarasi Nilai Pabean ),Brosur serta katalog beserta surat keterangan fungsi barang untk mempercepat proses mendapatkan SPPB atau ketentuan lain dari pihak beacukai .Jika tidak ada permasalahan di dokumen serta nilai invoice maka dalam waktu cepat respond SPPB akan di dapatkan dari pihak bea cukai.Bersamaan dengan hal proses dokumen INP akan lebih baik tebus D.O terlebih dahulu agar barang bisa cepatkeluar tanpa ada kendala waktu atau pemborosan waktu karena hal tersebut akan membuat anda hemat uang untuk pembayaran sewa gudang di pelabuhan.Sementara itu kontaklah pihak trucking langganan anda buat siap siap menunggu aba aba dari staf customs lapangan yang di tunjuk.

Demikian bahwa importasi dengan undername atau QQ Shipment di dokumen tidaklah terlalu sulit . tergantung anda dalam memilih pihak undername.Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang mencoba impor barang dalam rangka ekspansi usaha atau ingin mengimpor barang ke indonesia

Komentar :

  1. Jadi paham kan bagaimana beli barang dalam jumlah besar dari luar negeri,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ada cargo yg belum jalan dari singapore boleh info untuk proses pengiriman ke jakarta. By SEA Rp.9.500.000/M³ dan BY AIR Rp.150.000/Kg (borongan All in)

      Info lebih lanjut WA 082110279721
      Email randi@atmlogistik.co.id

      Bisa support dari negara lain juga Undername atau QQ

      Hapus
  2. www.importundername.com
    www.msalogistics.co.id
    www.undernameimport.com
    www.profesionalcustoms.com

    BalasHapus
  3. Yang Terhormat

    Pimpinan PerusahaanUp. Purchasing dept / Import Dept / Marketing Dept.Perihal : Penawaran Jasa Customs Clearence Import

    Dalam kesempatan yang baik ini perkenankan kami,                  PT.BINA CAKRA APINDO merupakan perusahaan International Freight Forwarder specialist di dalam bidang pengurusan barang import dan segala keperluan yang berhubungan dengan proses Kepabeanan, baik di area bandara maupun di pelabuhan seluruh nusantara.
    Sebagai dasar pendukung untuk memenuhi segala kebutuhan pelanggan, maka kami telah memiliki serta melengkapi beberapa izin yang diperlukan.
    Product dan Services kami antara lain :1. Customs Clearence Service2. Sewa Bendera/ Under Name 
    3. Trucking
    4. Transfer EDI/ PIB
    5. Borongan ( All-In )
    Adapun daerah operasional perusahaan kami :1. Bandara Internasional Soekarno-Hatta2. Pelabuhan Tanjung Priok ( Jakarta )3. Pelabuhan Tanjung Perak ( Surabaya )4. Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )5. Pelabuhan Belawan ( Medan )

    KAMI JUGA MELAYANI PENGIRIMAN LOKAL VIA AIR FREIGHT DAN IMPORT PI BESI BAJA

    Mengenai proses pengeluaran Barang Import ataupun Servis lain yang terpilih, diperkuat dengan MOU bermaterai demi terciptanya suatu kepercayaan dan kekuatan Hukum bersama.Untuk informasi lebih lanjut mengenai tarif atau biaya yang diperlukan untuk pengurusan Import, Expor, Door to Door, trucking dan biaya-biaya service lainnya yang kami sebutkan diatas, silakan menghubungi kami di Hotline Service kami :Demikian surat perkenalan dan penawaran dari kami, atas perhatian Bapak/ Ibu kami ucapkan terima kasih.
    Best Regards

    BURHANUDDINMobile : 0812 1555 079 E-mail : burhanuddin.import@gmail.comE-mail : info@ptbinacakraapindo.com Web  :www.ptbinacakraapindo.com

    PT.BINA CAKRA APINDOGraha 25Jl. Margonda Raya No.25A, Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16431  
    TLP     : (62-21) 7780 9695 Fax 021-7781 3862E-Mail : pt.binacakraapindo@gmail.com

    BalasHapus
  4. Dear : Custumer Import & Domestik
    Kami dari Pt Tunggal Wahana Indah Nusantara mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Berikut Attecment terlampir.

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang ingin dipertanyakan, silahkan hubungi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm@twin.co.id

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : andijm.logistics@gmail.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id, www.twin.co.id

    BalasHapus
  5. SALAM
    KAMI ADALAH LAYANAN IMPOR FORWARDER (INTERNATIONAL FREIGHT FORWARDER)
    Kami JLB CARGO merupakan jasa ekspedisi import yang bergerak khusus di bidang import yang sangat pengalaman. Kami adalah satu-satunya perusahaan cargo yang memiliki website monitoring cargo dengan sistem jaringan online dimana barang dapat di monitor secara online.
    kami menyediakan layanan import door to door dari :
    cina (guangzhou, yiwu & shanghai)
    singapore (asal & transhipment dari luar singapore)
    Hongkong
    Korea
    taiwan
    Bangkok
    Dan dari Negara eropa lain nya
    KE JAKARTA-INDONESIA
    Harga sudah termasuk bea cukai, serta pengiriman barang ke depan pintu Anda.
    Layanan kami (Internasional):
    1. Pengiriman barang All In / Door To Door Service, FCL / LCL, By Sea & Air
    2. Import customs
    3. Bill Of Lading, Transportasi Laut
    4.memuat Kontainer di pabrik, Ambil Barang.
    5. Pergudangan, Trucking.
    Salam sukses
    JLB CARGO
    TLP: (62-21) 2209 1040
    WhatsApp: 0821 1704 7050

    BalasHapus

Posting Komentar